ZAWA Kemenag Kabupaten Pasuruan Targetkan 250 Produk UMKM Bersertifikat Halal Di Tahun 2022

Pelatihan perizinan sertifikat halal hari ini, Kamis (15/09/2022), berlangsung di BPP Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN (majanews.com) – Pemerintah ingin memaksimalkan capaian nya dapam hal pelabelan produk halal, tercatat pada tahun 2021 lalu telah keluar 31 sertifikat halal dan di targetkan berkembang menjadi 250 sertifikat di tahun 2022.

Hal ini terlihat dari apa yang di sampaikan oleh GARA ZAWA, Sugiono saat memberikan pelatihan perizinan sertifikat halal hari ini, Kamis (15/09/2022), berlangsung di BPP Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

“Tahun lalu 31 sertifikat halal telah terbit, di harapkan tahun ini bisa mencapai 250 produk berlabel bersertifikat halal,” jelasnya pelatihan perizinan sertifikat halal, Kamis (15/09/2022).

Sebagaimana diketahui, dalam pelatihan Perizinan sertifikasi Halal yang berlangsung dalam rangka program YESS, Youth Entrepreneurship and Employment Supprot Servicess Kabupaten Pasuruan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Peserta pelatihan perizinan sertifikat halal hari ini, Kamis (15/09/2022).

Adapun peserta ialah pelaku UMKM dari Kecamatan Puspo dan Tosari yang dihadiri oleh sekitar 25 peserta, selain di BPP Kecamatan Puspo, bulan ini pelatihan serupa juga di lakukan oleh Gara Zawa Kemenag Kabupaten Pasuruan di 10  tempat. di antaranya, Di P4S Karekso, P4S Tani Makmur, BPP Gondang wetan, BPP Puspo, BPP Pasrepan, BPP Nguling, BPP Winongan, BPP Prigen, BPP Kraton, BPP Sukorejo.

Lebih lanjut Sugiono menjelaskan, bahwa ada 2 katagori yang bisa mengajukan sertifikasi halal, “Ada 2 kategori yang bisa ajukan sertifikat halal, yaitu Sefl diclare dan reguler,” sambungnya.

Masih Sugiono, untuk pendampingan kali ini difokuskan kepada usaha kecil yang ada di masyarakat.

“Melalui program Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) dimana pengajuan sertifikasi halalnya tidak di pungut biaya atau gratis,” pungkasnya.(ali/tim)

Baca Juga :  Paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto Sambut Pidato Kenegaraan Presiden RI