Kalimat Syukur Iringi Evakuasi ODGJ di Dermo Bangil Pasuruan

Streaming

PASURUAN (majanews.com) – Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menyisakan haru dan bahagia, terlebih bagi penduduk sekitar dimana ODGJ ini berada. tim dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan, kecamatan, puskesmas, dan komponen lainnya meng evakuasi ODGJ perempuan yang berada di area depan minimarket (swalayan) Dermo Bangil, Kabupaten Pasuruan, Kamis (15/9/2022).

“Terima Kasih telah di respon dan di evakuasi,” ucap bahagia tetangga yang tinggal di belakang ODGJ bermukim kepada tim evakuasi, pada kamis (15/9/2022) pagi.

Selain dia rasa haru juga muncul dari pedagang jus buah di halaman minimarket Dermo, “Terharu, kasian soalnya makannya itu bagaimana kesehatan nya juga, jadi dengan evakuasi oleh pemerintah ini saya bersyukur,” cetus Budi kepada awak media ini saat berlangsung evakuasi.

Dalam evakuasi, tim dari Dinsos sempat berhati-hati dalam bertindak, karena ODGJ tersebut membawa sebuah pisau yang cukup membahayakan.

“Wanita ODGJ ini berbahaya mas, bawa pisau dan cenderung marah,” ucap Kurniadi Kasi TS, Tuna Sosial Dinsos Kabupaten Pasuruan.

Tim Dinsos Kabupaten Pasuruan saat evakuasi ODGJ di dermo bangil pasuruan.

Dihari yang sama, Tri Hadi Kabid TS Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan memaparkan, selesainya di evakuasi berlanjut dirujuk atau dilakukan rehabilitasi medis di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) menur Surabaya.

“Dilakukan perawatan kesehatan jiwanya, setelah proses rehabilitasi medis dinyatakan selesai. Bisa  dilakukan rehab sosial yang menjadi tugas dinas sosial baik pemda kabupaten atau Pemprov jatim, karena ODGj ini adalah mrs x tanpa keluarga,” tulis pejabat tersebut saat dimintai keterangan melalui pesan singkat Aplikasi whatsapp, Kamis (15/9/2022).

Lebih lanjut, ODGJ tersebut tidak diketahui asalnya, maka pihak Dinsos berkoordinasi dengan UPT setempat, Dinsos, Pemprov, untuk kelanjutan terapi sosial, pemenuhan kebutuhan tempat tinggal dan dasar yang lainnya sebagai terminasinya, sambung tulis Tri Hadi dalam pesan singakat yang di tujukan kuli tinta media majanews.com.

Baca Juga :  Perangkat Desa di Nganjuk, Total 264 Desa Belum Terima Gaji

Sebelumnya, majanews.com telah merilis Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di wilayah Dermo Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jatim. Yang meresahkan masyarakat sekitar, Dengan judul “ODGJ di Dermo Bangil Resahkan Masyarakat, Begini Respon Dinsos Pasuruan”, ikuti lanjutan berita menarik lainnya hanya di majanews.com.(ali/tim)