ODGJ di Dermo Bangil Resahkan Masyarakat, Begini Respon Dinsos Pasuruan

ODGJ terlihat bersembunya di rumah kosong, di Dermo Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, yang mrmbuat resahnya warga. Selasa (13/9/2022).

PASURUAN (majanews.com) – Keberdaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di wilayah Dermo Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jatim. Membuat resah masyarakat sekitar. Pasalnya, Keresahan muncul di saat ODGJ tersebut telanjang busana dan kencing sembarangan juga buang air besar.

“Dia kalau kencing atau buang air ya di tempat situ saja langsung buka baju, kalau mandi juga, namun untuk mandi kadang di situ kadang juga ke sungai di area oka bawes.” Ujar neneng, seorang pedagang makanan di area sekitar Dermo saat wawancarai dengan awak media, Selasa (13/09/2022) sore.

Lebih lanjut, Kalau makan dia minta ke orang-orang yang jualan, jika tidak di beri dia akan marah.

“Ini orang stress! jadi ia sedang dalam gangguan kejiwaan namun belum betul-betul gila, hingga kadang diem kadang kumat dan marah-marah,” pungkasnya.

Adanya hal itu, Pemerintah kecamatan telah melakukan koordinasi untuk menangani ODGJ ini, bahkan sempat turun ke-lokasi.

“Maaf mas sokheh saya sudah turun ke lapangan, berhubung petugas dari Dinas Sosial tidak ada maka saya tidak berani eksekusi,” demikian kalimat satpol PP yang di kutip oleh TKSK Kecamatan Bangil, Sokheh. Selasa (13/9/2022).

Masih Sokeh, Eksekusi masih menunggu rekomendasi dari Dinas Sosial, Pihak kecamatan dan satpol PP minta rekom dari dinas untuk bisa meng-eksekusi.

Sementara itu, melalui pesan singkat aplikasi whatsApp (WA) kuli tinta media online majanews.com berusaha meminta keterangan dari pihak Pemerintahan Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan ada ODGJ yang meresahkan masyarakat itu.

Dipertanyakannya apakah Dinsos sudah memberikan rekomendasi untuk meng-eksekusi ODGJ tersebut, Kabid Tuna Sosial, Tri Hadi menjawab dengan singkat, Besok saya cek nggih,red. tulis pejabat tersebut dalam balasan via WA, Selasa (13/9/2022). Hingga berita ini di tulis belum ada pernyataan resmi dari dinas terkait adanya ODGJ yang membuat resah warga sekitar itu, ikuti lanjutan berita hanya di majanews.com.(ali/tim)

Baca Juga :  Safari Ramdhan Wali Kota Mojokerto, Masjid Al-Muttaqin Dapat Dana Hibah 100 Juta