Warga di Desa Sidoharjo Tanjunganom Nganjuk Luput dari Bantuan BLT-DD dan Bedah Rumah, Begini Kondisinya

Kondisi rumah Sukinah di Rt.002 Rw.006 Dusun Mukuh Desa Sidoharjo, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk.

NGANJUK (majanews.com) – Sukinah (80) salah satu warga kurang mampu warga RT.002, RW.006 Dusun Mukuh Desa Sidoharjo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Dalam beberapa tahun terakhir tidak pernah menikmati program yang di galangkan Pemdes Desa. Hal inilah yang membuat pembicaraan miring oleh masyarakat.

Informasi yang di terima redaksi majanews.com, kehidupan Sukinah sehari hari baik materil maupun moril bisa di katakan luput dari perhatian. pasalnya dinilai dari materil, kondisi rumah yang berukuran 5 meter x 6 meter seluruh dinding terbuat dari anyaman bambu, hidupnya juga dalam ekonomi pas pasan juga tidak mempunyai penghasilan tetap.

Sumber majanews.com juga menjelaskan, kalau dinilai secara moril, wanita paruh baya tersebut luput dari penunjukan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) maupun bantuan bedah rumah pada umumnya.

Adanya hal itu, majanews.com mengkonfirmasi Kepada bersangkutan, benar adanya apa yang terjadi. kondisi kehidupan Sukinah wanita paruh baya sangat memprihatinkan ini saat memberi penjelasan, Sukinah hanya mendapat bantuan jatah beras.

Masih kata Sukinah, untuk masalah uang sama sekali ia tidak mendapatkan. dilihat, dirinya hidup satu rumah dengan seorang anaknya.

“Anaknya Bu Sukinah kerja serabutan kerja pagi pulangnya kadang juga sampai malam,” jelas sumber majanews.com saat mendampingi di kediaman Sukinah. Sabtu (13/8/2022).

Agus, pekerja TKSK Dinsos Kecamatan Tanjunganom saat berkunjung di rumah Sukinah.

Terpisah, salah satu perangkat Desa Sidoharjo saat di temui media ini memertanyakan kondisi Sukinah mengatakan, bahwa Desa Sidoharjo membawahi dari 10 Dusun, dalam satu dusun di ambil 14 keluarga penerima manfaat BLT-DD.

“Jadi kalau 10 Dusun berarti ada 140 KPM yang mendapat BLT-DD se Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom,” jelas perangkat tersebut yang nama tidak mau di tulis, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga :  Pilkades Serentak di Kabupaten Mojokerto Disahkan 14 September 2022

Dihari yang sama, Agus, Ketua Rt.002 Rw.006 Dusun Mukuh Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom saat di konfirmasi media ini dilokasi menjelaskan, Sukinah sudah di usulkan dalam penerima bantuan BLT-DD, karena Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah ia dapat, maka hanya satu bagian saja yang dapat di terima Sukinah.

Streaming

“Kalau masalah rumah tak layak huni milik mbah Sukinah juga sudah kita usulkan, namun sampai sekarang juga belum ada realisasinya,” kata RT tersebut.

Perlu di informasikan, viralnya kehidupan Sukinah mematik perhatian dari Yusuf pekerja TKSK Dinsos Kecamatan Tanjunganom untuk mendatangi dan melihat kondisi wanita yang sudah tua itu.

Agus akan berusaha membantu tentang hak-hak Sukinah terkait bantuan dari pemerintah, “Nanti akan kita cek dulu, kalau toh mbah sukinah masuknya bantuan di Covid-19, akan kita usulkan ke bantuan lansia, karena bantuan lansia sifatnya berkelanjutan dan setiap tahun dapatnya bantuan kebutuhan,” paparnya kepada majanews.com saat di kediaman Sukinah, Sabtu (13/8/2022).(m.to)