Peduli Ekonomi Masyarakat, Bupati Ikfina Kenalkan Wisata Terbaik di Wilayah Kabupaten Mojokerto

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto. Saat foto bersama kuli tinta dalam rangka pers tour, Senin (25/7/2022).

MOJOKERTO (majanews.com) – Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Fahmawati melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto mengenalkan wisata yang terbaik di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Dalam acara, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo telah mengemas apik bersama kuli tinta. Yakni pers tour yang bertajuk ‘Pawarta Kabupaten Mojokerto Mblarah Bareng Diskominfo Kabupaten Mojokerto’.

Ide cemerlang Bupati Ikfina untuk mengajak puluhan pewarta demi meningkatkan sektor pariwisata dan UMKM di Kabupaten Mojokerto pasca Pandemi Covid-19. Hal itu di aplikasikan supaya untuk publikasi atau perluasan informasi kepada masyarakat yang ada di jatim juga seluruh warga indonesia. Supaya dapat diharapkan mampu membuka peluang peningkatan ekonomi dari sektor pariwisata dan UMKM di Kabupaten Mojokerto pasca Pandemi Covid-19.

Gagasan tema pers tour tersebut berlangsung secara bergiliran selama empat hari dari Senin (25/7) hingga Kamis (28/7) ini, diikuti sedikitnya 92 pawarta dari berbagai media elektronik, cetak maupun siber yang telah dibagi secara kelompok.

Bupati Ikfina saat memberikan pidatonya sebelum di berangkatkannya pers tour.

Dalam kesempatan ini, Bupati Mojokerto Ikfina membuka dan memberangkatkan secara langsung agenda pers tour, di Halaman Pemkab Mojokerto, Senin, (25/7/2022) pagi.

Ikfina menyampaikan, pada kegiatan pers tour, ia berharap dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Kabupaten Mojokerto. 

“Ini spesial, karena kegiatan ini adalah masukan dari kalian semuanya, artinya bahwa kalian melihat adanya suatu peluang untuk melakukan kegiatan yang produktif demi kebaikan,” katanya di depan majanews.com juga puluhan media lain, Senin (25/7/2022).

Lanjut Ikfina, bahwa Pemkab Mojokerto sendiri sedang berupaya bangkit pasca Pandemi Covid-19, tentunya salah satu potensi yang dapat memulihkan beberapa sektor ekonomi di Kabupaten Mojokerto adalah pariwisata yang ada di Kabupaten Mojokerto.

“Saya minta tolong riviewnya dari kalian terkait pariwisata kita, karena itu nanti bisa mendongkrak bagaimana masyarakat terjalin keamanannya untuk bisa rekreasi, bisa healing, gak banyak keluar uang, tetapi juga aman dari pandemi Covid-19,” sambung Bupati.

Baca Juga :  Pemkot Mojokerto Siapkan Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

Kendati demikian, Ikfina juga membutuhkan masukan-masukan dari masyarakat yang bervariasi melalui pawarta, menurutnya, segala macam masukan sangat penting dalam melaksanakan pembangunan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto.

“Kita harapkan kalian bisa menyampaikan kepada kita dalam satu bentuk Kesimpulan yang ringkas dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kita bagaimana melangkah kedepannya dalam penataan pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Mojokerto,” harapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten juga akan mengajak berdiskusi, setelah para pawarta berkeliling melihat beberapa sudut potensi pariwisata yang dapat dikembangkan guna dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, sampai nanti kita bertemu dititik akhir dari kegiatan mbalarah bareng Diskominfo Kabupaten Mojokerto,” pungkas Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto perempunan tersebut.

Dalam pesona wisata yang ada di wilayah Kabapaten Mojokerto tidak kalah apik dengan daerah lain, berikut sebagian riview majanews.com

Sumber Airsumberduwur

Wisata pesona perdesaan ini ada di Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto., Jatim. Wisata tersebut jadi jujukan keluarga untuk mengedukasi anak-anak dalam mengenal alam.

Banyaknya permainan disuguhkan di Air Sumberdukur, dari kereta anak-anak hingga permain air. Kolam ikan ribuan memanjakan mata para pengunjung, juga kuliner berbagai menu ada di Sumberdukur.

Yang lebih menarik, tiket masuk hanya 2 ribu rupiah. Hal itulah yang membuat keluarga betah ada di sumberdukur.

Nilai historis Sumberdukur sudah ada puluhan tahun, sumber yang tidak pernah surut itu telah dikelola Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengakat ekonomi masyarakt dalam berlapak di wisata Sumberdukur.

Pesona wisata sumber dukur yang ada di Desa wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Petirtaan Julotundo

Nama Jolontondo mungkin di telinga masyarakat tidak asing lagi, karena petirtaan Jolotundo air dari sumber di yakini oleh khalayak umum bisa mengobati berbagai penyakit.

Petirtaan Jolotundo ada di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Berada di lereng bukit Bekal, salah satu puncak gunung Penanggungan, Petirtaan Jolotundo dikenal dengan kejernihan air dan kandungan mineralnya yang tinggi. Dibangun pada 997 M, kompleks candi yang dibuat oleh Raja Udayana ini pada masanya merupakan persembahan bagi kelahiran putra mereka Airlangga, yang lahir pada tahun 991 M.

Baca Juga :  Kerusakan Jalan Desa Kecubung - Desa Sumengko Nganjuk Dikeluhkan Pengguna Jalan
Petirtaan Jolotindo, yang ada di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Selain candi, Raja Udayana juga membuat kolam mandi yang berisi mata air yang hingga kini tidak pernah surut. Selain tidak pernah surut, bahkan ulasan singkat milik eastjava.com mengatakan bahwa air dalam kolam Jolotundo dinyatakan sebagai air terbaik di dunia setelah air zam-zam.

Pernyataan tersebut tentu saja tidak disandarkan tanpa alasan. Lokasinya yang berada di kaki pegunungan vulkanik kiranya menjadi alasan kuat mengapa posisinya hampir disejajarkan dengan legenda air yang lain, yaitu air zam-zam.

Kedatangan pewarta di sambut tarian khas majapahit saat berada di petirtaan Jolotundo.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli hidrogeologi ditemukan fakta bahwa mata air pegunungan vulkanik memenuhi tiga syarat karakterisitik sumber air tanah yang baik yang mencakup kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Kuantitas dipengaruhi oleh faktor alami curah hujan, siklus air dan kondisi hidrogeologis di sekitar sumber daya air tersebut.

Wisata Taman Ganjaran

Taman Ghanjaran destinasi wisata taman bermain yang ada di kawasan Trawas Kabupaten Mojokerto. Tepat berada di Dusun Sukirame Desa Ketapanrame. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Mojokerto. Area tamannya sangat unik karena merupakan perpaduan taman bermain dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Gagahnya Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan bisa terlihat dengan jelas dari taman ini.

Kawasan wisata merupakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini tersedia banyak wahana permainan yang seru dan menarik. Selain itu letaknya yang berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl menyebabkan hawa di kawasan ini terasa sejuk. Menariknya lagi taman rekreasi ini buka hingga malam hari sehingga bisa menjadi pilihan wisata malam di Mojokerto.

Taman Ganjaran, yang ada di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas,Kabupaten Mojokerto.

Untuk masuk ke Taman Ghanjaran, wisatawan perlu membayar biaya tiket masuk. Namun jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Baca Juga :  Kapolri Minta Jajaran Terus Bantu Warga dan Gelorakan 'Ayo Pakai Masker dan Ayo Segera Vaksin'

Taman ini sangat menarik karena mempunyai waktu operasional yang panjang. Taman Ghanjaran buka setiap hari dari pagi hingga malam. Jika ingin menikmati berbagai wahana sembari menikmati pemandangan alam maka datang siang hari ketika langit cerah. Namun jika ingin atraksi lampu warna-warni di taman maka bisa datang ketika malam tiba.

Bukan hanya permainan, kuliner disediakan di Taman Ganjaran. Ribuan menu terpampang di setiap lapak menghiasi sejauh mata memandang.

Wisata Sumber Gempong

Sumber Gempong, Kesegaran Mata Air di Trawas Kabupaten Mojokerto. Sumber Gempong adalah sebuah mata air yang menjadi urat nadi para petani di sekitarnya. Konon menurut cerita warga, mata air tersebut tidak pernah kering. Walau saat musim kemarau sekali pun. Sumber Gempong bereda di Desa Katapanrame, Kecamatan Trawas.

Wisata Sumber Gempong berada di bagian Selatan Kabupaten Mojokerto. Tepatnya berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Lokasi berada di kawasan kaki Gunung Penanggungan, berjarak tidak jauh dari Taman Ghanjaran. Hanya sekitar 1 kilometer atau sekitar 5–10 menit berkendara.

Bupati Ikfina saat menikmatai wahana kereta keliling persawahan dengan pesona yang sangat indah.

Dari arah Taman Ghanjaran Trawas, arahkan kendaraanmu ke Timur. Kamu akan melewati jalan perkampungan yang agak sempit. Hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Bisa saja dengan kendaraan roda empat yang kecil. Namun agak repot kalau berpapasan dengan sesama mobil. Hindari menggunakan bus kalau kamu hendak kemari.

Setelah melalui perkampungan, kamu akan menyusuri jalan kecil yang diapit oleh pegunungan dan jurang. Jalannya cukup berliku, namun kondisinya cukup baik.

Wisata ini memiliki panorama alam desa dengan pemandangan persawahan terasering, pemandangan pegunungan dan cocok untuk Berkemah bersama keluarga.

Udara di Sumber Gempong selalu sejuk karena berada di kaki gunung. Selain itu panorama alamnya sangat indah. Hamparan persawahan terasering dengan sumber mata air yang jernih.

Air sumber gempong yang tidak pernah surut meskipun dalam keadaan kemarau.

Tempat wisata ini cocok bagi kamu yang ingin menghindari keramaian kota ketika liburan.

Terdapat kolam renang besar yang juga berasal dari sumber air pegunungan. Airnya begitu segar dan murni tanpa menggunakan kaporit sedikitpun.

Sangat mengasyikkan dan menenangkan hati. Bisa berenang dan berendam sambil menikmati pemandangan Gunung Penanggungan.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai wahana di sini. Seperti bermain motor ATV, sepeda air, dan tenda yang biasa digunankan untuk camping.

Wisata yang ada di kabupaten Mojokerto bukan hanya rilisan diatas, dan masih ada puluhan wisata yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto yang akan di suguhkan majanews.com. ikuti link majanews.com berita menarik lainnya.(dak/adv)