LSM GAKK DPD Nganjuk Sukses Dikukuhkan Oleh Ketua DPP

Streaming

NGANJUK (majanews.com) – Pengukuhan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Anti Korupsi dan Ketidakadilan (GAKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) telah sukses digelar, dalam pelaksanaan pada hari Minggu (26/6/2022) berlangsung di sekretariat DPD Nganjuk, jalan Sadewa RT 02, RW02, Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret Nganjuk, Jawa Timur.

Prosesi agenda pengukuhan diawali dengan penyerahan SK DPD LSM GAKK yang diserahkan oleh Moch Suhada’ selaku Ketua DPP LSM GAKK. selain itu, dengan rasa penuh tanggung jawab dan semangat disertai kibaran bendera pataka kebesaran  LSM GAKK kepada Sumarno selaku Ketua LSM GAKK DPD Nganjuk.

H. Achmadi, Dewan Penasihat LSM GAKK DPP dalam memberi sambutan di atas panggung menyampaikan dengan penuh harapan agar LSM GAKK bisa bermanfaat di Nganjuk, manfaat untuk masyarakat juga pemerintahan.

Di indonesia LSM tidak berkembang, masih kata penasehat LSM, karena pemerintah tidak selalu bisa mengulurkan negara tidak selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan LSM, terutama LSM -LSM bersifat berskala kecil atau LSM lokal.

“Oleh sebab itu kenapa di negara maju LSM dapat berkembang, kerena disana tidak semual hal yang berurusan yang berkenaan dengan masyarakat diurus oleh negara dan mereka mengandalkan kerjasam dengan LSM – LSM yang disana baik secara lingkungan, pendidikan, kesehatan atau pemberdayaan masyarakat yang lain,” tegasnya, Minggu (26/6/2022).

Lebih lanjut, oleh sebab itu masa yang akan datang saya berharap bahwa LSM GAKK yang ada di Nganjuk ini bisa menjadi kepanjangan tangan dari Pemerintah sekaligus kepanjangan dari hak-hak sipil itu sendiri.

“Sebab itu posisi ini menjadikan LSM GAKK sebagai oposisi pada pemerintah tapi sekaligus sebagai patnership dengan pemerintah,” ulas sang pembina tersebut.

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi Ke-21 Pasmar II Akan Gelar Lomba Dayung, Bupati Mojokerto Sambut Positif

Dalam kesempatan yang sama, Dedy Nawan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Nganjuk mengtakan, momen yang bahagia dan luar biasa kita bisa mengikuti acara pengukuhan LSM GAKK. mudah mudahan kita bisa menjadi bagian dari parlemen yang ada di nganjuk.

“Kita percaya akan fungsi control sosial karena bumi Ngnjuk ladang adalah milik kita semua dan saya yakin dengan adanya keterbukaan informasi  akan menuju desa kuat negara kuat, dan desa bisa menjadi tolak ukur bagi bangsa dan negara ini,” ucap Dedy saat di atas panggung dalam sambutan acara pengukuhan.

Lanjut Dedy, Dirinya juga mengucapkan selamat untuk LSM GAKK DPD Nganjuk untuk menjadi bagian dari kami sebagai control sosial.

“Perjalanan kita masih panjang dan mari kita berjuang bersama sama dan untuk saling menghormati, ini semua demi kemajuan dan kebaikan nganjuk,” Pungkas sang ketua AKD tersebut.

Sebelumnya, Sumarno Ketua DPD Nganjuk dalam pidato mengatakan, ditempatkannya LSM GAKK di wilayah Nganjuk semua atas dasar ijin rekan-rekan aktivis yang ada di Nganjuk.

“Juga atas ijin sang ketua DPP, jadi fungsi LSM adalah kontrol dari penyelenggara pemerintahan. Saya berharap adanya LSM GAKK bisa berkerjasama dengan baik dengan tugas pokok fungsi masing-masing,” kata Sumarno.

Masih Sumarno, dirinya akan bertanggung jawab bila ada anggotanya yang berbuat diluar koridor ADR yang telah ditentukan.

“Pastinya akan kami tindak bila ada anggota kami yang berbuat seenaknya saja,” ucap sang Ketua baru di lantik itu.

Selesainya acara, Doa bersama dipimpin oleh Habib Achmad Bin Umar Alhabsy, selesainya dilakukan potong tumpeng dilakukan oleh Ketua DPP LSM GAKK dan diserahkan secara simbolis kepada Ketua LSM GAKK DPD dan wakil Wilayah Nganjuk. Ditutup dengan hiburan musik serta kesenian kuda luping.

Baca Juga :  Pengasuh PP Amanatul Ummah Pacet Gelar Bukber Dengan Ratusan Warga Kecamatan Kutorejo

Perlu disampaikan, agenda acara prosesi pengukuhan LSM GAKK DPD Nganjuk yang sangat meriah terdebut dihadiri hadir oleh Tim rombongan DPP LSM GAKK, juga Dedi Nawan A.K (AKD Nganjuk) Keluarga Besar perangkat desa putukrejo kecamatan loceret, Dzainuri (Ketua LSM GALAK), serta disaksikan beberapa petugas Polsek Loceret, LSM serta beberapa awak media di Kabupatan Nganjuk.(m.to/tim)