Semarak Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto, Kirab Budaya ‘Mojo Bangkit’ Digelar

Streaming Kirab Budaya Mojo Bangkit

MOJOKERTO (majanews.com) – Kemeriahan peringatan Hari Jadi ke-104 tahun 2022 Kota Mojokerto, Jawa timur. menggelar kirab budaya dengan tajuk ‘Kirab Budaya Mojo Bangkit’. Sabtu (25/6/2022). Dalam acara di ikuti 700 (tuju ratus) peserta untuk memeriahkan momen acara hari jadi Kota Mojokerto.

Momen Kirab ‘Budaya Mojo Bangkit’ turut mendampingi, Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto, adalah sang suami tercinta Wali Kota, Sekretaris Daerah (Sekda), Muspida Kota Mojokerto dengan semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mojokerto. Turut hadir juga Ketua DPRD Kota Mojokerto beserta rombongan.

Sebelum dimulainya acara, lagu Indonesia di putar serta tamu undangan mengikuti alunannya. Selasainya lagu Indonesia Raya. Ikrar Mojo Bangkit di bacakan oleh Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto dan di ikuti seluruh tamu undangan juga masyarakat Kota Mojokerto yang hadir dalam ‘Kirab Mojo Bangkit’.

Ning ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, saat pemukulan gong kirab budaya Mojo Bangkit.

Meriahnya momen hari jadi, ribuan masyarakat memadati lokasi acara Kirab Mojo Bangkit yang berlangsung di depan lapangan surodinawan jalan raya Raden Wijaya, Keacamatan Sorodinawan, Kota Mojokerto.

Wali kota Ika Puspitasari mengatakan, rangkaian kegiatan sengaja digelar untuk menyambut hari Kota Mojokerto ke-104 tahun 2022.

“Selama dua tahun kita semuanya menghadapi pandemi covid-19, tentunya saat-saat hari jadi perayaan yang penuh kemeriahan ini adalah yang kita nantikan bersama-sama. Berbagai kegiatan, seni dan budaya, dan vestifal kuliner serta kegiatan keagamaan bersholawat,” kata pidato Ning Ita sapaan akrab orang nomer satu di Kota Mojokerto itu, Sabtu (25/6/2022).

Totorial perang melawan belanda di sugukan dalam kirab budaya Mojo Bangkit.

Lanjut kata Ning Ita, dirinya meminta wasilah kepada seluruh masyarakat untuk membacakan ‘Bismillahhirohmanirrokhim’, dan acara di mulai dengan pemukulan gong ‘Kurab Budaya Mojokerto Bangkit.

Baca Juga :  Serahkan Petikan Keputusan Kenaikan Pangkat dan Pengangkatan CPNS, Ikfina Minta ASN Rubah Kerja Manual Jadi Digital

Start Kirab Budaya dari Lapangan Raden Wijaya Surodinawan dan finish di Pendopo Sabha Kridhatama Rumah Rakyat. berbagai macam seni budaya ditampilkan dalam Kirab Budaya Mojo Bangkit, diantaranya karawitan, tarian-tarian tradisional, barongsai, bantengan, reog ponorogo, hingga gunungan serabi dan onde-onde.

Rute Kirab Budaya Mojo Bangkit dimulai dari Lapangan Raden Wijaya Surodinawan – Jl. Raya Surodinawan – Jl. Tribuana Tungga Dewi – Jl. Brawijaya – Jl. Hayam Wuruk dan berakhir di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat.

Selain penampilan tari – tarian tradisional, ‘Kirab Budaya Mojo Bangkit’ juga dimeriahkan Kereta Kencana Tribuana Tungga Dewi dan Dyah Kertawardhana, Kereta Kencana Dyah Wiyat dan Dyah Kudamerta, Kereta Kencana Putra-putri Keraton, hingga Pemuka Agama, Kasiwahan (Hindu), Kasogatan (Bante-Budha), serta prajurit tombak dan pedang yang berjalan sepanjang rute yang ditentukan.

Baronsai juga di tampilkan dalam sambut hari jadi kota mojokerto yang ke-104.

Perlu di informasikan, Pemkot juga akan menggelar seni pertunjukan wayang kulit dalam memeriahkan hari jadi Kota Mojokerto yang ke’104, pada Selasa malam, 28 Juni 2022 di lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Pergelaran tersebut akan dimeriahkan oleh sejumlah seniman ternama.

Akan ada Sujiwo Tejo. Kemudian dalang Ki Cahyo Kuntadi, sinden asal Hongaria Agnes Serfozo, dan lawak dari Jo Klithik dan Jo Kluthuk.
Selain itu, Pemerintah Kota Mojokerto juga menggelar Mini Job Fair pada 28 Juni 2022 mendatang di Halaman Parkir Utara Mall Pelayanan Publik Gajah Mada. Job fair hanya 1 hari, perusahaan yang ikut sekitar 24 perusahaan dari Kota Mojokerto dan sekitarnya dengan lowongan kerja sekitar 500 loker.

Kemeriahan peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto masih berlanjut dengan event Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali kota Ika Puspitasari. Event yang terbuka bagi umum ini rencananya akan diadakan Minggu, 26 Juni 2022, sejak pukul 06.00 pagi.
Acara ini terbuka bagi umum dan tidak dipungut biaya. Tidak ada mekanisme pendaftaran, langsung datang saja untuk mengikuti event Gowes Bareng orang nomer satu di Kota Mojokerto, dan Gubernur Jawa Timur.

Baca Juga :  Buktikan Akuntabel, Pemkot Mojokerto Berhasil Pertahankan Capaian WTP Dari BPK

Dalam catatan, rute gowes dimulai dari lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon dan berakhir di lokasi yang sama. Gowes akan melewati sejumlah titik, di antaranya terdapat Sekolah Soekarno di jalan Taman Siswa, Rumah Rakyat Kota Mojokerto di Jalan Hayam Wuruk, Kantor Wali kota Mojokerto di Jalan Gajah Mada.(dak/adv)