Keluh Kesah Pejuang Pangan di Nganjuk Kian Terasa di Telinga, LSM GAKK : Pentingnya Peran Lumbung Pangan

Sunyoto, Anggota LSM GAKK Nganjuk Bidang Pemerintahan, saat bersama P.Ran petani asal Getas tanjunganom Nganjuk.

NGANJUK (majanews.com)  – Keluh kesah para pejuang pangan (petani) di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. kian hari kian terasa di telinga. pasalnya, ada 5 faktor yang jadi pemicu keluhan petani sekarang ini.

Hasil keluhan petani Lima pemicu yang menjadi momok para pejuang pangan diantaranya, 1.mahalnya harga pupuk hingga jatah dari kelompok tani terbatas, 2.maraknya wabah tikus  yang kian merajalela hingga sulit di kendalikan, 3.harga sewa sawah kian tahun bertambah mahal, 4.musibah alam (seperti halnya banjir hingga angin kencang), 5. Musim panen harga jual gabah anjlok. inilah lima faktor yang menjadikan momok bagi para pejuang pangan yang ada di Kabupaten Nganjuk.

P.Ran (53), petani asal Desa Getas Kecamatan Tanjunganom saat ditemui kuli tinta ini di persawahnya menyampaikan, dirinya sudah 9 tahun berkiprah cocok tanam dari padi hingga lainnya. semenjak ada wabah corona-19 untung dari hasil panen sudah menipis, selain itu maraknya wabah hama tikus dan wereng hingga merajalela dan sulit untuk di kendalikan.

Lanjut petani, selain itu harga pupuk kimia menurutnya sangat mahal sehingga ia mengakali dengan memakai pupuk kandang (kotoran hewani), hal itu dilakukan karena sudah tidak mampu membeli pupuk kimia. saat di singgung adanya pupuk jatah dari kelompok tani, dirinya mengaku tidak mendapat jatah.

Lelaki 53 tahun itu memupuskan hati untuk tahun depan tidak menjalani sebagai petani lagi, menurutnya selain pupuk mahal, harga panen musim panen anjlok.

“Untuk hari ini Rabu 22 juni 2022 harga gabah Rp.4000 / kilo gram. harga gabah Rp.4.600/ kilo gram aja kita udah rugi, apalagi saat ini harganya anjlok sekitar Rp.2.500/kilo gram, ya tambah rugi mas,” keluhnya saat ngobrol santai dipinggir sawah bersama majanews.com, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga :  Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Digelar Di Mojokerto
LSM GAKK saat Bersama Petani Asal Desa Getas Kecamatan Tanjunganom Nganjuk.

Selain itu, sewa lahan persawahan dalam setahun terus meningkat seperti halnya lahan sawah yang P.Ran garap, saat ini 250 ru (1/4) bau.

“Pertahun sewanya sudah mencapai 15 juta, hati saya sudah pupus dan insya Allah tahun depan saya sudah tidak bertani lagi,” pungkas lelaki pejuang pangan dari Desa Getas Tanjunganom tersebut.

Hal ini pun mendapat tanggapan dari Sunyoto selaku Anggota LSM Garda Anti Korupsi dan Ketidakadikan (GAKK) Bidang Pemerintahan wilayah, menurut saran dan kritik aktivis itu, Kabupaten Nganjuk membutuhkan lumbung pangan. artinya pemerintah daerah bisa mendorong dan memberi motivasi supaya di setiap Desa yang mempunyai lahan persawahan cukup luas bisa mengoptimalkan usahanya.

“Melalui BUMdes, karena tanpa adanya peran serta dari sektor pemerintahan desa, usaha ini tak kan pernah bisa berhasil dengan maksimal,” tegas Aktivis nyentrik yang mempunyai nama tenar Mbah Nyot itu.

Lanjut Aktivis, lumbung pangan merupakan sarana menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat, Dengan tujuan memastikan untuk terjaminya cadangan pangan, supaya kesejahteraan petani itu bisa maksimal.

Namun, mengoptimalkan ketahanan pangan bisa menstabilitaskan stabilitas harga bisa terjaga, jadi estimasinya lumbung pangan itu mempunyai peran aktif dalam kehidupan para petani. Misalnya, kalau terjadi gagal panen, pemerintah daerah atau pemerintah Desa yang menggerakkan usahanya BUMdes di bidang lumpung pangan maka masih memiliki cadangan pangan yang melimpah.

“Sehingga stabilitas harga dan persediaan makanan masih terjaga, jadi artinya Pemerintah Daerah harus bisa memberi dorongan kepada pemerintah Desa guna mengoptimalkan kineeja BUMdes, apalagi usahanya di dibidang lumbung pangan, bagi saya itu sangat tepat untuk di lakukan,” Pungkas Mbah Nyot yang juga sebagai Kepala Divisi Investigasi Media Grup Markaz Wilayah Nganjuk.(m.to/**)

Baca Juga :  Markhaban Ya Ramadhan, Bareng Habib Husein Ja’far Wali Kota Mojokerto Gelar Megengan
Streaming