Puncak Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-104, Upacara Digelar Dengan Suguhan Drama Perjuangan

Upacara digelar puncak hari jadi Pemkot Mojokerto yang ke-104, suguhan drama perjuangan telah mewarnai tamu undangan, di depan pendopo Sabha Mandala Tama, jalan gajah mada, Senin (20/6/2022) pagi.

MOJOKERTO (majanews.com) – Dalam memperingati Hari Jadi Kota Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) berbagai acara telah digelar oleh Pemkot Mojokerto, yakni, bersholwat akbar di ikuti ribuan jamaah dari berbagai daerah yang di gelar di lapangan sorudinawan beberapa hari yang lalu, juga lomba alqurani yang sedang berlangsung, serta hiburan pasar malam di jalan benteng pancasila, dan momen besar juga di resmikan Wali Kota di berbagai tempat.

Hari ini, puncak acara HUT Pemkot Mojokerto telah dilakukan upacara dengan suguhan drama kolosal di gelar di depan pendopo Sabha Mandala Tama, jalan gajah mada, Senin (20/6/2022) pagi. Walikota Mojokerto Hj Ika Puspitasari sebagai Inspektur Upacara.

Berlangsungnya momen, upacara peringatan hari jadi kota Mojokerto diwarnai drama kolosal dari sanggar seni dan budaya LOKAPALA kota Mojokerto, yang menceritakan perjalanan Tribuana Tunggal Dewi dan Maha Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara dengan menaklukan kerajaan Bedahulu Bali, yang mana prajurit Bedahulu yang dipimpin Patih Pasung Grigis mati-matian melawan prajurit Majapahit yang dipimpin oleh Patih Gajah Mada dan Aditawarman.

Dalam alur cerita, kerajaan Bedahulu berhasil dikalahkan, oleh Tribuana Tunggal Dewi kerajaan Bedahulu dihadiahkan ke Arya Kenceng sebagai Raja dibawah Gelgel Tabanan.

Ketika itu juga Tribuana menyampaikan tekadnya, ‘Kanthi Nungkule pulo kadewatan Bali…kinaryo pancatan Ingsun Manunggalake bumi Nuswantoro kanthi sesanti Bhineka Tunggal ika Tan Hana Dharma Manruwa..!!’

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto dalam sambuta mengatakan, bahwa ini adalah puncak rangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi kota Mojokerto yang ke 104 tahun.

Baca Juga :  Eks Napiter Pulkam, Kapolresta Mojokerto Silaturahmi dan Berikan Bansos

“Alhamdulillah seiring dengan semakin terkendalinya Covid-19 maka aktivitas dapat kembali berangsur normal, ini adalah memperingati Hari Jadi Kota Mojokerto setelah selama dua tahun tidak dapat dilakukan karena pandemi,” kata Ning Ita didepan ratusan ASN Pemkot Mojokerto, Senin (20/6/2022).

Peringati Hari Jadi ke-104 Pemkot Mojokerto resmikan kolam renang sekarsari, warga Kota Mojokerto digratiskan.

Lanjut Ning Ita, Dengan bertambahnya usia Kota Mojokerto, semoga dengan pemerintah kota Mojokerto mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota Mojokerto.

Pembangunan infrastruktur di kota Mojokerto bisa jalan berkat kerja sama dengan jajaran stakeholder yang ada di kota Mojokerto, dan sejauh ini pemerintah banyak mendapat penghargaan tingkat nasional.

“Tahun ini 57 penghargaan tingkat nasional bisa diraih oleh kota Mojokerto,” sambunh Ning Ita.

Dalam memperingati upacara HUT kota Mojokerto yang ke-104 juga dihadiri, Kapolresta Mojokerto AKBP Rofik Ripto Hikmawan, Dandim 0815 Letkol Beny Asman, Wakil Bupati Mojokerto H dr Muhamad Al Barra Lc, M.Hum, Wakil Ketua DPRD Soni Raharjo, Kepala OPD, Camat dan Lurah sekota Mojokerto.

Perlu disampaikan, puncak hari jadi Pemkot Mojokerto yang ke-104 tahun 2022, kolam renang favorit warga kota Mojokerto juga diresmikan hari ini, Senin 20 Juni 2022. Wali Kota Mojokerto juga gratiskan 13 Hari penuh bagi warga kota mojokerto.(dak/adv)