SMP Negeri 2 Lengkong Nganjuk, Sekolah Pinggiran yang Mampu Bangkit Dan Berprestasi di Bidang Literasi

Foto bersama, Dr.Sopingi, A.P M.M Kepala Kadisdik Beraama Hj.Wuri Astuti S,Pd M.M. saat diatas panggung beri hadiah siswa-siswi Kelas IX, Rabu (15/6/2022).

NGANJUK (majanews.com) – Kiprah dan kinerja baik dari kepala sekolah dan seluruh guru yang ada di SMP Negeri 2 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk bisa di katakan acungan jempol. Karena dalam amanah mendidik generasi bangsa telah berhasil dengan bailk disaat wisuda murid-muridnya di tahun ajaran 2021-2022.

Keberadaan SMPN 2 Lengkong yang jauh dari pusat perkota ternyata mampu memberikan penyeimbang dalam bersaing dengan sekolah yang ada di pusat kota. selain itu SMPN 2 Lengkong sekolah yang bertajuk penggerak, bermartabat pancasila, ramah anak, bersih narkoba serta mempunyai 10 pokok tentang giat ekstrakulikuler.

Dalam ektrakulikuler juga beragam, pramuka, membatik, volly ball, Fotsal, karawitan, hadrah/banjari, listerasi, musik band, drum band, solo vocal. Dari semua kegiatan ini mampu menghipnotis para anak didik SMPN 2 Lengkong guna menggeluti pelajaran ekstrakulikuler tersebut. Hal ini tentunya berkat kerja keras  Hj Wuri Astuti S,Pd  M.M untuk mendorong tata kelola di dunia pendidikan yang berhasil menjadikan tataguna yang bermanfaat bagi anak didiknya.

Selama 2 tahun dalam mengemban amanah, Hj Wuri panggilan akrabnya menduduki sebagai kepala sekolah SMPN 2 Lengkong, disaat itulah gudang ilmu di SMPN 2 terpencil banyak bertumbuh.

Foto bersama, kepala sekolah SMPN 2 Lengkong Bersama Purna Wiyata Kelas IX.

Hari ini, tepat Rabu 15 juni 2022 Wisuda Purnawiyata SMPN 2 Lengkong tahun ajaran 2021/2022 telah di gelar, dalam momen besar tersebut SMPN 2 mampu mencetak kelulusan 100 persen bagi putra putri anak didiknya kelas IX untuk menuju ke jenjang sekolah tingkat atas.

Berlangsung momen wisuda, Hj. Wuri Astuti selaku kepala sekolah SMPN 2 Lengkong dalam memberikan sambutan menyampaikan. bahwa dirinya baru 2 tahun ini memimpin di sekolah SMPN 2 Lengkong.

Baca Juga :  Pengasuh PP Amanatul Ummah Pacet Gelar Bukber Dengan Ratusan Warga Kecamatan Kutorejo

Lebih lanjut, untuk memimpin SMPN 2 Lengkong baginya juga tidak semudah yang di bayangkan, sekolah ini adalah sekolah pinggiran yang jauh dari perkotaan. tentunya perlu perjuangan yang keras untuk menata baik pendidikan.

Foto bersama, Kepsek SMPN 2 Lengkong bersama Forpimcam Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

“Insfrastruktur, kebersihan serta SDM. namun saya bangga mengabdi di sekolah ini dan makanya saya tidak mau di pindah. hari ini saya bangga bisa melepaskan kelulusan anak didik kami kelas IX dengan lulus serarus persen,’ ujar pidato sang Kepsek SMPN 2 Lengkong itu, Rabu (15/6/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Sopingi A.P M.M, Kepala Dinas Pendididikan dan Kebudayaan (P&K) Pemerintahan Nganjuk menyampaikan, ia juga mengakui banyaknya perubahan perubahan sekolah SMPN 2 Lengkong, selain bangunan yang baru, sekolahan milik pemerintah tersebut juga bersih dan rapi.

Lanjut orang nomor satu di OPD Disdik, dirinya juga memberi arahan setelah lulus di SMP harus tetap melanjutkan sekolah sampai tingkat atas.

“Hal ini sesuai dengan komitmen Bapak Plt.Nganguk Drs.Marhen Djumadi S.H,S.E MBA, anak nganjuk minimal harus lulusan semisal SMA, SMK maupun Aliyah. dan jangan berhenti di tingkat SMP saja, karena kedepan banyak Kawasan Industri Nganjuk (KING) dan minimal yang bisa memasuki industri nganjuk lulusan SMA. ini bener bener harus kita persiapkan. Jangan sampai kita orang nganjuk hanya jadi penonton,” tegas pejabat tersebut.

Foto bersama, Kepsek, Forpimcam, dan jajaaran para guru SMPN 2 Lengkong Nganjuk.

Lebih lanjut, Minimal orang nganjuk harus bisa menduduki dan bekerja di perusahaan perusahaan yang ada di nganjuk. Jadi orang pinggiran harus semangat dan ini swatu contoh, saya sendiri juga orang pinggiran dan bahkan bisa di katakan lebih jauh dari pinggiran di banding yang ada di SMPN 2 Lengkong ini.

Baca Juga :  Berdayakan Petani, Ketua DPD RI Dorong Inovasi Teknologi Pertanian

“Alhamdulillah dengan niat dan semangat yang tinggi maka peluang keberhasilan dan kesuksesan akan tergapai,’ pungkasnya.

Perlu disampaikan, Kegiatan purna wisata digelar di halaman sekolah dengan dihadiri dan disaksikan langsung oleh Dr. Sopingi, AP M. M selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintahan Kabupaten Nganjuk, beserta Forpimcam, Komite Sekolah, Wali Murid kelas IX, VIII, dan VII. Selesainya acara, para pendidik mengabadikan momen dengan berfoto bersama murid-murid kesayangannya.(m.to)