Pemdes Sidoharjo Nganjuk Bangun Irigasi Progaram P3TGAI dari APBN 2022. Petani : Sangat Bermanfaat

Tampak Jelas, Papan Nama Proyek P3TGAI Hippa Sidoarjo Jaya Terpampang di Bahu Jalan.

NGANJUK (majanews.com) – Upaya memaksimalkan kesejahtraan para petani salah satunya dengan cara memaksimalkan tata kelola pembangunan irigasi dengan tujuan memperlancar mengairi lahan persawahan pertanian. sepertihalnya yang telah dilakukan oleh pelaksana hippa dengan membangun irigasi di perbatasan antara Dusun Mukuh dan Dusun Jarakan Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.

Dalam pekerjaan memanfaatkan anggaran dari APBN 2022 dengan nilai kegiatan Rp.195.000.000 (seratus sembilan puluh lima juta rupiah) pemanfaatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) guna menyukseskan saluran pengairan bagi petani yang ada di Dusun Mukuh/Jarakan Desa Sidoharjo Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk.

Hasil yang dihimpun majanews.com dilokasi pekerjaan kamis 2 juni 2022, tampak terlihat jelas adanya papan nama kegiatan proyek yang terpampang di sebelah barat bahu jalan. sehingga masyarakat baik dari warga desa sidoharjo maupun masyarakat umum bisa mengetahui tata kelola serta tataguna hal pembangunan tersebut dengan jelas.

Disisi lain, salah satu pekerja dilokasi saat di temui media ini menjelaskan bahwa pekerjaan irigasi sampai saat ini sudah memasuki angka progres 60 persen, dan pekerjaan ini dimulai pada tanggal 18 Mei 2022.

“Kegiatan ini kami kerjakan dengan sebaik mungkin dan sisa 40 persen, dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu bisa terselesaikan. dengan lunas sesuai panjang dan lebar irigasi yang sudah di tentukan dalam pengerjaan,” kata pekerja di lokasi.

Ditempat yang sama, salah satu petani yang ada di Dusun Mukuh Desa Sidoharjo saat ditemui media ini mengakui saat ini lahan pertanian sangat membutuhkan bangunan irigasi, dan masih banyak lahan pertanian tidak mempunyai irigasi yang kondisinya baik.

Baca Juga :  BPD & Perangkat Desa Mlaten Majukan BUMDES, Study Banding Ke BUMDES Karangrejo Kelas Dunia

“Kami turut bangga bahwa Desa kami mendapatkan bantuan pembangunan irigasi, apalagi irigasi tersebut tidak jauh dengan lahan sawah yang kami miliki. semoga adanya irigasi ini bermanfaat guna pengairan yang mengairi lahan persawahan milik petani warga Desa Sidoharjo,” ujarnya.

Mengutip dari chanel youtube KH Saiful Anam S,Pd M,Si, yang di update pada hari kamis 2 juni 2022, Tampak terlihat di lokasi pekerjaan baik Kepala Desa Sidoajo, Ketua Hippa Sidoarjo dan seluruh pekerja telah memberi statmen, ‘Alhamdulillah saya ber terima kasih kepada BBWS Jawa Timur yang telah memberi program P3TGAI 2022 yang masuk di Hippa Sidoarjo Jaya’.

KH Saiful Anam selaku Kepala Desa juga turut memberi ulasan dengan menyampaikan, bahwa seluruh pekerja kami semua warga Desa Sidoarjo dan tidak ada pekerja diluar Desa Sidoharjo, dan kami mengucapkan terima kasih atas bantuan program P3TGAI serta berterima kasih atas partisipasi dari media yang ikut terjun langsung dalam hal pengawasan kegiatan pembangunan irigasi yang telah kami dapat.(m.to)