Galian C Diduga Ilegal di Dusun Kletek Desa Baureno Jatirejo Dituding Rusak Lingkungan

Galian C diduga ilegal yang dituding telah merusak lingkungan oleh aktivis peduli lingkungan.

MOJOKERTO (majanews.com) – Tambang Galian C Diduga ilegal yang ada di Dusun Kletek, Desa Baureno Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. jadi sorotan masyarakat. Pasalnya, Galian C tersebut disinyalir kuat telah merusak lingkungan.

Seperti yang dikatakan Miftah Khuroji alias Kotel, Aktivis Peduli Lingkungan Mojokerto. Menurut Kotel, panggilan akrabnya, kegiatan Tambang Galian C yang ada di Dusun Kletek Desa Baureno, Kecamatan Mojokerto tersebut, diduga Kuat ilegal. Dirinya telah turun ke lokasi tidak ada reklame atau papan nama yang terpampang.

“Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya papan nama, juga tidak ada petugas dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dari Kabupaten Mojokerto,” tandas pengusaha kolam pancing yang ada kecamatan Jatirejo tersebut kepada majanews.com juga media lain, Sabtu (30/10/2010).

Namun, papar Aktivis, akibat dari kegiatan Galian C tersebut, Jalan Utama Tani (JUT) yang menuju lokasi tambang Galian C, menjadi rusak parah. Belum lagi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Miftakh Khuroji alias Kotel, Aktivis Peduli Lingkungan Mojokerto, saat memberikan keterangan pers. Sabtu (30/10/2021).

“Kalau sudah seperti itu, siapa yang bertanggungjawab,” tambah aktivis penampilan nyentrik tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Kotel, kami mengharap kepada Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto agar segera memberikan teguran terhadap pengusaha Galian C yang diduga ilegal tersebut. Untuk memberikan ganti rugi Jalan Usaha Tani yang rusak akibat armada pengangkut material Galian C tersebut.

“Dan yang jelas, persoalan ini akan kita laporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH), biar ada efek jera para penambang diduga ilegal tersebut,” tegas Kotel.

Sebelumnya, Adanya Dugaan tersebut, tim media ini berusaha konfirmasi ke pihak otoritas Desa tetapi kantor Desa terlihat sepi tidak ada petugas kantor satulun, jumat (29/10/2021). Hingga berita ini ditulis.(ben/tim)

Baca Juga :  Kasek SDN Sumengko Jadi Rasan-Rasan, Diduga Gunakan Dana BOS Tidak Transparan