Mengintip Harga Buah Durian Asli Sawahan Nganjuk di Bulan Awal Musim Panen

Pedagang buah durian terlihat menggelar dagangannya disepanjang Jalan Desa Salamrojo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jatum.

NGANJUK (majanews.com) – Bulan Oktober ialah bulan memasuki masa awal panen buah durian, hal ini tak luput dari beberapa penjual buah durian sudah tampak menggelar dagangannya di sepanjang jalan. Terutama terlihat di wilayah Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jatim. yang terkenal dengan wisata air terjun Sedudo. durian asli Sawahan ini mempunyai rasa khas manis dan sangat legit.

Salah satu penjual durian asli Desa Salamrejo, P.ji (50) menjelaskan, memang di saat ini bulan oktober telah memasuki awal masa panen durian. sehingga hasil panen pun juga belum begitu melimpah.
“Untuk ketersediaannya cukup melimpah biasanya di bulan januari dan februari,” ujarnya kepada majanews.com, minggu (16/10/2021)

Masih pedagang, untuk masalah harga buah durian disaat ini masih agak mahal, harga buah durian saat ini untuk yang agak besar harganya kisaran 90-100 ribuan per biji.

“Yang ukuran tanggung seperti ini sekitar 60-70 ribuan, dan ukuran kecil harga 35-40 ribuan. kalau sudah memasuki bulan januari dan februari harga buah durian sudah mulai menurun. karena sudah memasuki panen raya,” ungkap pedagang buah aroma menyengat tersebut sambil tangan menunjuk.

Disisi lain, salah satu pemilik tanaman durian yang ada di wilayah Kecamatan Sawahan mengaku jika di tahun 2021 ini hasil buah durian dari pohon kategori memuaskan, artinya satu pohon bisa berbuah sampai 30 buah bahkan bisa lebih.

“Kami juga tidak pernah menjual secara bijian, dari beberapa pohon buah durian yang kami miliki bila sudah berbuah mempunyai usia sekitar 3 bulan. Baru di tawar oleh tengkulak atau pengepul dengan cara borongan perpohon, kedatangan pengepul buah durian tidak hanya dari wilayah Nganjuk, juga ada dari luar wilayah Nganjuk. semisal dari madiun,” papar petani durian tersebut kepada majanews.com.(m.to)

Baca Juga :  Sambut Dirgahayu RI Ke 76, Santri Ponpes Yaisra’ Mojokerto Ramaikan Dengan Lomba Balap Karung