Kondisi Ruang Kelas SDN 3 Mlorah Rejoso Memprihatinkan, ini Jawaban Plt.kabid Sarpras Disdik Kabupaten Nganjuk

Kondisi Ruang kelas SDN 3 Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jatim. Yang Memperhatinkan, Satu Tahun Lebih Dikosongkan Demi Keselamatan Siswa.

NGANJUK (majanews.com) – Kondisi ruang kelas 5 Sekolah Dasar (SD) 3 Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. terlihat rusak parah. Pantauan kamera, Atap kayu sudah lapuk termakan usia, plafon atap ruang kelas juga terlihat ambrol. Adanya hal itu, demi keselamatan para siswa terpaksa belajar tatap muka direlokasi ruangan perpustakaan sekolah.

Selain rusaknya dalam gedung ruangan, untuk bagian teras depan ruang kelas tersebut juga banyak kayu yang sudah lapuk, sehingga plafon atapnya juga terlihat ambrol. Demi keamanan, pintu ruang kelas khususnya kelas lima dikunci rapat dan tidak digunakan lagi dalam kegiatan belajar mengajar.

Salah satu guru SD Negeri Mlorah 3 Rejoso mengatakan, untuk ruang kelas lima itu kondisinya memang sudah memprihatinkan dan sudah lama dikosongkan, karena khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Semisal ruangan tersebut sewaktu waktu atapnya roboh, maka demi keamanan dan kenyamanan untuk belajar mengajar seluruh kelas lima dipindah di ruangan perpustakaan, pihak sekolah telah melaporkan kepada Dinas terkait. dengar dengar juga mau ada perbaikan. tapi entah kapan pelaksanaannya, yang jelas kami juga belum tau pasti, karena dalam pembangunan itu kebijakan dari pihak Dinas,” ungkap Guru tersebut yang nama tidak mau ditulis.

Restiyan Efendi, Plt Kabid Sarpras Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Saat Dikonfirmasi majanews.com dikantornya, selasa (12/10/2021).

Dengan adanya hal tersebut, Restiyan Effendi Plt Kabid Sarpras Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. Saat dikònfirmasi mengatakan, bahwa SDN 3 Mlorah Kecamatan Rejoso sudah diusulkan pembangunan rehab Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Untuk rehab ruang kelas SDN 3 Mlorah sudah lolos rehab DAK tahun 2022,” jelas pejabat Pendidikan tersebut saat dikonfirmasi majanews.com diruang kerjanya, selasa (12/10/2021).

Baca Juga :  Industri Rokok di Kota Mojokerto Meningkat, Ning Ita: Ini Berkah Pandemi

Lebih lanjut, untuk tidak lolosnya SDN 3 Mlorah dalam rehab DAK 2021 dikarenakan tidak singkronnya data Dapodik dengan data usulan pihak sarpras Disdik.

“Sehingga kita memperbaiki Dapodik agar bisa singkron dengan apa yang kita usulkan, jadi DAK itu kalaborasi antara OPD nya dari kepala dinas pendidikan, kepala dinas PU, kemudian dari sekolah serta operatornya. dengan dalih yang mengikutkan Dapodik itu operator sekolah, jadi harus singkron semua,” papar Kabid Sarpras tersebut.(m.to/dwi)