Tanah Kas Desa Manting Jatirejo Digali, Warga Luruk Lokasi

Tim majanews.com Saat Konfirmasi Kepada Warga Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jatim. Dan Ngopi Bareng Warga.

MOJOKERTO (majanews.com) – Puluhan Warga Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) luruk galian C Sabtu (16/1/2021). kedatangan warga menuju titik lokasi galian tersebut, tidak terimanya ulah oknum Perangkat Desa yang meresahkan warga. Masalahnya, kegiatan galian yang dilakukan oknum itu di Tanah Kas Desa (TKD) setempat.

Mujib (40) salah satu tokoh Desa Manting menjelaskan kepada majanews.com, kegiatan galian C tidak ada ijin, “Tidak ada musyawarah apapun kegiatan menggali di lokasi tanah kas desa tersebut,” jelasnya saat ditemui awak media ini. Minggu (17/1/2021) siang.

Masih Mujib, bukan hanya satu TKD yang digali, “Akses jalan untuk menuju lokasi galian tersebut merupakan TKD juga, itu diratakan dan diambil batunya, ada 4 rit kelihtannya keluar dari Desa. Cuman dia berdalih tanah itu disewa, sepengetahuan saya tidak ada kontrak ataupun sewa. Warga tidak ada yang tahu,” paparnya.

Pelaku oknum kegiatan galian tersebut, masih penjelasan Mujib. adalah Pak Carik (Sekdes). Tutupnya.

Ditempat yang sama, Hal senada diucapkan oleh Deron (65) yang juga tokoh di Desa Manting. Dirinya bersama warga minta keadilan kepada Sekretaris Desa (Sekdes) Pendik, “Tanah itu tanah kas desa, seharusnya tidak digali, pendik harus bertanggung jawab,” ucapnya.

Tim majanews.com Ngopi Bareng Bersama Tokoh Desa Manting, Deron (65), Mujib (40), Juga Buang (52), dan Bersama Warga lain. Minggu (17/1/2021).

Masih Deron, Warga berharap galian itu dihentikan, karena tidak ada ijin atau sosialisasi kepada warga, “kita tidak mau galian tersebut berlanjut. Harus dihentikan, jalan akses baru yang merupakan TKD dikembalikan seperti awal,” kukuhnya.

Perangkat Desa Tuwowo setempat juga menuturkan, bila TKD yang dibuat jalan itu tidak dikembalikan semula, bersama warga lain akan mengambil jalur hukum.

“Kalau saya terserah teman-teman, kalau tidak ada keadilan ya kita bergerak menuntut Pak Carik,” ucap Tuwowo itu, juga mengaku dirinya bernama buang (52).

Disyangkan media ini tidak bisa konfirmasi kepada Kepala Desa (Kades) Manting, juga Sekretaris Desa (Sekdes). Menurut orang rumah Sekdes juga Kades, bapak masih keluar, Hingga berita ini ditulis. Ikuti berita majanews.com, Disinyalir kuat kedua Pejabat Desa itu adalah dalang dari resahnya warga setempat.(tel/tim)

Foto crop video Warga Saat Meluruk Lokasi Galian C Yang Diduga ilegal, di Lokasi Galian di Hadang Oleh Oknum Prangkat Desa.
Diketahui Oknum Tersebut Adalah Sekretaris Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.
Didalam Video Berdurasi kurang lebih 3 menit itu terjadi Argumen yang cukup extrim Warga dengan Perangkat Tersebut. Tepat kejadian hari Sabtu (16/1/2021).