Biaya PTSL Desa Pakis Trowulan Disinyalir Abaikan Aturan

Salah Satu Prangkat Desa Pakis Yang Berhasil Dikonfirmasi Awak Media Senin (6/7/2020).

MOJOKERTO (majanews.com) – Biaya Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Pakis, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, disinyalir tidak mengacu kepada Surat Edaran (SE) Mentri No. 5/SE/IV/2017. Tentang Percepatan Pelaksanaan PTSL. Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB), 3 Mentri tertulis yang seharusnya Rp. 150 perbidang untuk wilayah jatim.

Informasi yang dihimpun media ini, sertifikat untuk biaya pemohon yang ditentukan oleh panitia PTSL. Yaitu Biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Desa Pakis sebesar Rp 400. Seperti yang disampaikan WR (35) salah satu warga Desa Pakis mengaku, untuk mengurus sertifikat dikenakan biaya Rp 400.

“Dan biaya itu harus dibayar di muka atau sebelum jadi sertifikat,” pengakuan WR Rabu (1/7/2020).

Suasana Kantor Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Senada juga disampaikan salah satu Kepala Dusun Wilayah Desa Pakis Kecamatan Trowulan. Menurutnya, biaya untuk PTSL, yang menentukan panitia prona Rp 400 ribu.

“Untuk kepanitiaan PTSL, semua perangkat tidak dilibatkan, ada panitianya sendiri, dan ditentukaan 400 ribu,” jelas Prangkat Desa Senin (6/7/2020) saat ditemui di Kantor Desa.

Khoirul Hadi Kepala Desa Pakis, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, belum berhasil dikonfirmasi tim media ini. Menurut salah satu perangkatnya, kades sedang rapat di Kantor Kabupaten.(dak/tim)