Wali Kota Mojokerto Kunjungi SD dan SMP Tempat Sekolah Presiden RI Pertama

Foto: IG @humaskotamojokerto.

MOJOKERTO (majanews.com) – SD Negeri Purwotengah dan SMP Negeri 2 Kota Mojokerto yang akan dijadikan museum pendidikan oleh Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, hari ini Walikota perempuan pertama kali di Kota Mojokerto tersebut mengunjungi sekolahan yang pernah menjadi sekolah Presiden RI Ir. Soekarno, Minggu (7/6/2020).

Kunjungan ini dilakukan Walikota Ika Puspitasari bersama sang suami Supriyadi Karima Saiful, dan juga Kepala Dinas Pendidikan, serta seniman dan sejarawan yang di Kota Mojokerto.

Wali Kota Ika Puspitasari Saat Melakukan Keliling Rungan Sekolahan Bersejarah Yang Ada di Kota Mojokerto, jawa Timur.

Dalam catatan sejarah, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pernah tinggal selama lebih dari 8 tahun di Kota Mojokerto. Bung Karno yang merupakan putra dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai ini berhasil menamatkan bangku pendidikan setingkat sekolah dasar (SD) di jalan Taman Siswa Kota Mojokerto.

Inlandsche School merupakan cikal bakal berdirinya SDN Purwotengah di Jalan Taman Siswa Mojokerto yang hingga saat ini masih dipertahankan keasliannya. Inlandsche School juga disebut sebagai Tweede School atau Sekolah Ongko Loro, sebuah julukan bagi sekolah yang menampung anak pribumi.

Bung Karno juga mengenyam pendidikan di Europesche Lagere School (ELS) pada tahun 1911, yang sekarang ditempati SMPN 2 Kota Mojokerto, di Jalan A Yani.

Neng Ita, Sapaan Akrab Wali Kota Mojokerto Saat Menikmati Ruangan Bersejarah Sekolah Bung Karno Semasa Kecil.

Wali kota berharap semua pihak khususnya generasi muda dapat mengenang dan merawat jejak Ir. Soekarno di Kota Mojokerto. Selain itu juga mengembangkan kota Mojokerto sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya.

“Kita wajib bangga dengan kota kita karena banyak sejarah di bumi Majapahit ini, dan kita semua wajib melestarikan dengan baik,” Cetus Neng Ita.(dak/adv)