Pemdes Ketapanrame Siapkan 4000 Masker, Upaya Pencegahan Covid-19

Zainul Arifin (No.5 dari Kanan) Kades Ketapanrame bersama Gugus Penanggungan Covid-19 Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, (Majanews.com) – Upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Ketapanrame, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Rencananya, mulai Senin, 20/4/2020 Pemdes setempat menyiapkan 4000 masker kain untuk diberikan kepada masyarakat, lembaga dan perangkat desa.

Hal ini disampaikan Zainul Arifin, Kades Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, saat dikonfirmasi Majanews.com di ruang kerjanya, Jum’at (17/4/2020).

Karno, Relawan Desa Siaga Covid-19, saat memberikan penyemprotan ke warga yang mau masuk Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas.

Menurut Arifin, Pemdes menyiapkan 4000 masker kain untuk diberikan ke masyarakat, tujuannya adalah untuk melindungi dan melawan Covid-19. Ini merupakan salah satu langkah melawan pandemi virus Corona.

“Warga dipersilahkan mengambil di kantor desa, dengan membawa Foto Kopi Kartu Keluarga (KK),” jelas Arifin.

Sebelumnya, pencegahan penularan virus Corona, juga sudah dilakukan oleh Pemdes bersama Relawan Desa Siaga Covid-19 Ketapanrame. Diantaranya adalah, pembatasan masuk ke wilayah Trawas bersama Forkopimcam, Penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga, tempat ibadah dan fasilitas umum, Pysical Distancing dan Pemasangan banner himbauan dan pelarangan masuk bagi yang tidak berkepentingan. “Jangan Panik dan Tetap Waspada,” pesan Kades.

Tanpa kecuali, Awak Media Majanews (Berjaket dan Bertopi) juga harus mengikuti prosedur pemeriksaan dan penyemprotan.

Karno, Relawan Desa Siaga Covid-19 Dusun Sukorame, menyambut gembira terkait rencana Pemerintah Desa memberikan masker ke warga. “Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga, untuk penanggulangan wabah Corona. Mudah-mudahan warga masyarakat terbebas dari virus Covid-19,” harap Karno.

Disinggung terkait pemeriksaan warga luar yang mau masuk ke wilayah Dusun Sukorame. Menurut Karno, ini sesuai dengan instruksi dari Pak Kades, agar melakukan penjagaan dan pemeriksaan terhadap warga luar yang mau masuk wilayah setempat.

“Sebagai antisipasi, agar virus Corona tidak sampai menyebar ke wilayah Dusun Sukorame, yang bisa saja terbawa oleh orang luar dari daerah yang terjangkit,” pungkas Relawan Desa Siaga dengan tegas.(arie)

》Share Disini