Pandemi Corona, Pemkot Mojokerto Lakukan Penyemprotan Disinfektan Massal

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari Saat Terjun Langsung Melakukan Penyemprotan Disinfektan, Rabu (25/3/2020).

MOJOKERTO (majanews.com) – Pemerintah Kota Mojokerto menyiagakan tim untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara massal di perkantoran, area publik dan jalan protokol sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan atau standar operasional prosedur dalam mencegah virus Corona.

“Sejak hari Jumat (20/3) kemarin, semua ruangan di kantor OPD, sudah dilakukan penyemprotan disinfektan. Termasuk juga di GMSC (Graha Mojokerto Service City) yang merupakan pusat pelayanan warga Kota Mojokerto. Penerapan SOP tersebut merupakan upaya kami dalam mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itu kami mohon kerjasama dan bantuan dari masyarakat untuk sama – sama menerapkan SOP kesehatan dalam mencegah Covid-19,” kata Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

Selain penyemprotan di area perkantoran, ujar Walikota, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di seluruh jalan protokol dan area publik. Mulai dari Alun – alun Kota Mojokerto, Taman Hutan Kota, Taman Benteng Pancasila dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) lainnya. Dan Tak hanya itu, penyemprotan di sepanjang jalan protokol dilakukan secara bertahap setiap harinya.

Petugas Medis Pemkot Mojokerto Saat Melakukan Keliling Kota Untuk Melakukan Penyemprotan Disinfektan Disejumlah Titik Strategus, Selasa (25/3/2020).

“Kami kerahkan semua mobil dari DLH, PMK dan PU untuk berkeliling menyemprotkan cairan disinfektan di jalan dan area publik,” imbuhnya.

Sedikitnya sepuluh tangki kendaraan berkeliling melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan diberbagai sudut Kota Mojokerto, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid – 19.

Tak hanya penyemprotan, menurut Walikota yang karib disapa Ning Ita tersebut, sosialisasi pencegahan penanganan Covid-19 juga dilakukan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) yang dikomandani Sekretaris Daerah Kota Harlistyati. Setiap harinya, tujuh Satgas yang dibentuk sesuai kategori masing – masing, menyebar ke pelosok wilayah untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait Covid-19, agar warga tidak panik dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menanggulanginya.

“Setiap hari, Satgas ini memberikan pemahaman kepada warga. Waspada boleh, asal jangan panik,” tegasnya.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari Memberikan Suport Kepada Petugas Medis Saat Melakukan Penyemprotan Disinfektan.

Sejak dikeluarkannya Surat Edaran Wali Kota Mojokerto terkait penutupan area publik yang tertuang pada nomor 443.33/2857/417.302/2020, Pemerintah Kota Mojokerto mulai melakukan penyemprotan diberbagai sudut kota sekaligus menerapkan SOP kesehatan pencegahan Covid-19.

“Saat ini, pasar modern, swalayan, mall dan perkantoran sudah menerapkan SOP kesehatan atau protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Untuk pasar modern atau swalayan, pengunjung yang datang diharuskan mencuci tangan dengan sabun, kemudian suhu tubuh akan diperiksa menggunakan Digital Temperature Thermometer Gun. Jika hasilnya normal, selanjutnya pengunjung dipersilakan masuk usai memakai hand sanitizer yang disediakan oleh petugas. Pun sebaliknya ketika pengunjung keluar meninggalkan pasar modern atau mall. Hal serupa juga diterapkan di seluruh jajaran kantor organisasi perangkat daerah (OPD).(dak/adv)

》Share Disini