Inilah Manfaat Kulit Jeruk dan Pisang

Ilustrasi Kulit Pisang

Majanews – Buah-buahan kaya akan nutrisi, dan mengonsumsinya secara rutin baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, tahukah Anda bahwa tak hanya daging buah yang bermanfaat, melainkan kulit buah juga bisa membawa kebaikan? Mari kita lihat apa saja yang bisa kita dapat dengan kulit buah.

Sudah menjadi kebiasaan kalau kita selalu membuang kulit buah karena dianggap sudah tidak berguna, padahal belum tentu demikian. Kulit buah bisa bermanfaat karena mengandung nutrisi yang luar biasa. Ada banyak manfaat kesehatan dari kulit jeruk dan pisang yang tidak diketahui.

Kulit jeruk bisa Anda manfaatkan baik secara internal maupun eksternal. Namun pastikan Anda telah mencuci kulitnya dengan baik sebelum digunakan, karena kulit buah biasanya mengandung pestisida, yang jika tertelan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Anda juga dapat memilih buah organik yang tidak mengandung pestisida.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari kulit buah jeruk dan pisang:

Mengatasi gangguan pencernaan

Kulit jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi sebelumnya, Anda harus membuat bubuk kulit jeruk terlebih dahulu. Campurkan satu sendok teh bubuk kulit jeruk ke dalam segelas air. Minumlah untuk meredakan gangguan pencernaan, mual, heartburn, sakit perut, dan gas. Minuman ini juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Melarutkan dahak dan mengurangi batuk

Mengonsumsi larutan bubuk kulit jeruk dan air, dapat melarutkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan, sehingga Anda akan mendapatkan pernapasan yang lebih lancar.

Dengan cara ini kulit jeruk juga bisa digunakan untuk infeksi saluran pernapasan. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda mulai mengonsumsinya.

Menurunkan kolesterol jahat

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol, dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Tak hanya itu, kulit jeruk juga membantu meningkatkan fungsi organ hati.

Kulit pisang untuk memutihkan gigi

Gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi Anda selama dua menit setiap hari untuk mendapatkan gigi putih dan berkilau. Perawatan dengan kulit pisang juga dapat digunakan untuk menenangkan gigitan serangga dengan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Sakit kepala

Untuk menyembuhkan sakit kepala, taruh kulit pisang di dahi Anda. Biarkan kulit pisang berada di dahi Anda selama beberapa saat sampai Anda merasa bebas dari sakit kepala. Coba ini terlebih dahulu sebelum Anda meminum obat sakit kepala. Jika sakit kepala masih berlanjut, disarankan untuk segera meminum obat sakit kepala dan beristirahat.

Sumber: Article By Claudia Ramadhani dilansir 1health.id

》Share Disini