Mojokerto (majanews.com) – Malam penobatan Duta Wisata Kota Mojokerto yang digelar di Alun-alun Kota Mojokerto, Sabtu (22/9/2018). Yosy Hardian Ramadhan dinobatkan sebagai Gus Kota Mojokerto tahun 2018 dan Felicia Rosalina Andriono Putri sebagai Yuk Kota Mojokerto tahun 2018.

Sebanyak 10 finalis Gus dan Yuk Kota Mojokerto diuji kemampuannya di hadapan dewan juri. Yosy Hardian Ramadhan dan Felicia Rosalina Andriono Putri dinobatkan sebagai Gus dan Yuk Kota Mojokerto tahun 2018.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokert,  Harlistyati hadir mewakili Wakil Wali Kota Mojokerto, Suyitno menyampaikan, keikutsertaan para finalis pada ajang gus dan yuk merupakan sebuah amanah dan kepercayaan, yang menuntut para peserta untuk tampil maksimal.

“Keikutsertaan para finalis pada ajang gus dan yuk merupakan sebuah amanah dan kepercayaan, yang menuntut para peserta untuk tampil maksimal,” kata Harlis mengawali sambutannya.

Dikatakan, pemilihan duta wisata Kota Mojokerto merupakan ajang untuk menggali potensi, ajang bereskpresi seni budaya, memupuk persaudaraan antar sesama kontestan, sekaligus untuk mencetak generasi muda Kota Mojokerto, sehingga menjadi duta wisata Kota Mojokerto yang dapat diandalkan di tingkat Jawa Timur maupun nasional.

“Saya juga memandang pemilihan Gus dan Yuk Kota Mojokerto sebagai salah satu kegiatan yang sangat positif untuk memperkenalkan potensi kota Mojokerto, sehingga dapat semakin menumbuhkan nasionalisme bangsa dan kecintaan terhadap kota mojokerto,” ungkap Harlis.

Lebih lanjut Harlis menyampaikan, menyandang gelar bergengsi pada ajang pemilihan duta wisata gus yuk Kota Mojokerto merupakan suatu kebanggaan.

“Namun gelar tersebut akan lebih berarti, apabila tidak hanya dirasakan oleh penyandang gelar semata, tapi hendaknya penyandang gelar ini mampu memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya,” tutur Harlis.

Harlis menambahkan, bentuk kontribusi yang bisa dilakukan oleh gus yuk terutama dalam hal pembangunan mental generasi dan menjadi pelopor membentengi generasi muda dari pengaruh negatif.

“Pesan saya agar Gus Yuk Kota Mojokerto terus memperluas ilmu pengetahuan, baik itu bidang akademik di sekolah maupun bidang-bidang umum lainnya, dengan demikian Gus dan Yuk Kota Mojokerto merupakan orang-orang pilihan dan berkualitas,” harapnya.

Sementara itu, dalam malam penobatan Gus Yuk Kota Mojokerto tahun 2018, jajaran Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, dan juga para Duta Wisata se Jawa Timur tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata  Novi Rahardjo menyampaikan, sebelum malam penobatan para finalis Gus Yuk Kota Mojokerto sudah dikarantina selama dua hari yaitu Kamis hingga Jumat (20-21), untuk mendapatkan sejumlah pembekalan dari narasumber professional.

“Dengan pembekalan ini, diharapkan kualitas finalis semakin meningkat,” kata Novi.

Pemberian materi dalam ajang pemilihan duta wisata itu, ujar Novi, diharapkan bisa menjadi bekal seluruh peserta dengan materi meliputi public speaking, english for tourism,  keorganisasian IGY,  kebudayaan dan pariwisata Kota Mojokerto, city branding dan perencanaan pembangunan Kota Mojokerto,  beauty class, dan ngadi salira ngadi busana.

Selain menobatkan Gus Yuk Kota Mojokerto 2018,  juga menobatkan Wakil 1 Gus Kota Mojokerto 2018 Elang Sotya Putra Dumipta dan untuk Wakil 1 sebagai Yuk disandang oleh Glorya Gabryna Eveline, sedangkan Wakil 2 Gus Kota Mojokerto 2018 adalah M. Awwal Arya Syahputra dan Vallene Laurencia Viendry Sujarwo adalah sebagai wakil 2.

Untuk Penobatan sebagai Gus Berbakat Kota Mojokerto 2018 adalah Yosy Hardian Ramadhan,   dan untuk Yuk Berbakat disandang Nadya Nova Ardhana.

Sementara yang menyandang penobatan sebagai Gus Persahabatan Kota Mojokerto 2018 adalah Reyganata Putra Ardyansah sedangkan sebagai Yuk persahabatan disandang oleh Vallene Laurencia Viendry Sujarwo.(dak/adv)