Mojokerto – Harlistyati dilantik Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno sebagai Sekretaris Daerah Kota Mojokerto (Sekdakot) di Pendopo Graha Praja Wijaya Kota Mojokerto, Kamis (19/7/2018).

Harlistyati yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Mojokerto menggantikan Plt Sekda Gentur Prihantono Sandjoyo Putro.

Harlistyani resmi diangkat menjadi Sekdakot Mojokerto menggantikan Plt Sekdakot, Gentur Prihantono Sandjoyo Putro berdasarkan Keputusan Walikota Mojokerto Nomor 821.2/32/417.403/2018 tanggal 18 Juli 2018 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Mojokerto.

Jabatan pimpinan tinggi pratama di tubuh Pemkot Mojokerto itu diraih Harlistyati setelah memenangi lelang terbuka calon Sekda Kota Mojokerto dengan menyisihkan lima sejawatnya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Mojokerto, Suyitno menyampaikan bahwa pengangkatan jabatan struktural bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana.

Wawali Suyitno berharap, sebagai sekda yang baru, Harlistyati dapat mengemban amanah dan menjalankan peran jabatan dengan baik.

“Selain itu juga dapat membangun sinergitas dan menjalin koordinasi di berbagai lini untuk mencapai tujuan bersama,” kata Suyitno dalam pidatonya.

Tugas sekda, lanjut Suyitno, yakni membantu walikota di bidang administrasi dan kebijakan.

“Apa yang belum terselesasikan oleh sekda lama, sekda baru harus menyeselesaikan, seperti mengkoordinasikan dengan semua instansi dan OPD, termasuk penataan personil posisi yang kosong harus diisi, penyerapan anggaran harus dipantau,” ujarnya.

Dalam wawancara ke awak media, Harlistyati menyatakan kesiapannya menjalankan semua perintah dari walikota.

Harlistyati mengatakan siap menjalankan semua perintah dari Walikota Mojokerto. “Tugas utama yang diberikan kepada saya adalah pertama bagaimana pemerintah daerah harus kondusif, kedua tugas-tugas di pemda yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh Pak Gentur harus kita lanjutkan dan yang belum akan kita tuntaskan,” ujarnya.

Sekdakota juga menegaskan, bahwa yang terpenting tugas Sekdakot adalah mengkoordinasi serta memfasilitasi program-program dari OPD. Menurutnya, tentang kebijakan sepenuhnya ada di pimpinan. Sekdakota menambahkan, barat tubuh sekdakot adalah leher dan kepalanya adalah tetap Walikota.

Turut hadir dan menyaksikan pelantikan ini Kepala Bakorwil Bojonegoro, Kepala Bakorwil Madiun, Kepala Badan Diklat Provinsi Jatim, Jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, anggota Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto.(dak/adv)