Mismandono ( Tengah Baju Hitam Berkopiah) Kades Sugeng bersama Forkopimcam beserta Staf dan Perwakilan serta Relawan Macan Putih Kecamatan Trawas.

Mojokerto, Majanews.com – Ratusan bahkan ribuan warga dari berbagai penjuru mendatangi Kantor Balai Desa Sugeng, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Kedatangan mereka untuk melihat Iring-iringan ancak dan mengikuti prosesi sedekah desa yang diadakan mulai kemarin.

Menurut warga, kegiatan sedekah desa atau yang lebih dikenal dengan ruwat desa tersebut, merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan keselamatan, rejeki dan kesehatan kepada warga masyarakat, khususnya warga Desa Sugeng dan masyarakat Mojokerto pada umumnya. Disamping itu juga, agar Desa Sugeng bisa menjadi desa yang Baldatun Tayyibatun Wa Robbun Ghafur, dan Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem Kerto Raharjo.

Selain Iring-iringan ancak hasil swadaya masyarakat. Sedekah desa bertujuan untuk menghormati dan mengirim do’a kepada Mbah Abdul Zalil (Mbah Jenggot) dan Mbah Abdul Rokhim ( Mbah Godek) dan Buyut Shosi, orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Desa Sugeng serta pendahulu-pendahulu yang lain.

Ancak sebelum diarak ke Balai Desa.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Mismandono Kepala Desa Sugeng, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto mengatakan, ruwat desa tahun ini kita dilaksanakan siang dan malam.

“Dari kemarin warga menggelar berbagai hiburan, antara lain Campursari, Orkes Dangdut dan Pesta Kembang api. Dan nanti malam Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Semar Bangun Desa, bersama Dalang Ki Anom Yohan Susilo dari Keret Krembung Sidoarjo, “jelas Kades dihadapan awak media.

“Sebelumnya, mulai kemarin dari Subuh hingga Maghrib, kegiatan sedekah desa diawali dengan Kotmil Qur’an, Istighosah, Tahlil, Terbang Jidor dan malamnya dilanjutkan dengan pengajian umum oleh KH Ridwan Bahrudin dari Cerat, Gempol Pasuruan, “tambahnya.

Mismandono Kades Sugeng, saat memberikan ucapan selamat pada peserta Iring-iringan ancak.

Nampak hadir dalam sedekah desa seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) beserta jajarannya, Asosiasi Kepala Desa (AKD) beserta perangkat, Tim Relawan Macan Putih dan para undangan. Dan Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan sedekah Desa Sugeng berjalan lancar, aman, kondusif, sukses dan semoga bisa menjadikan Desa Sugeng yang Baldatun Tayyibatun Wa Robbun Ghafur, “pungkas Mismandono.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, iring-iringan ancak juga dinilai sebagai semangat dalam kegiatan sedekah desa. Dalam penilaian, Ancak dari RT 3 RW 2 Berhasil menjadi Juara 1. Ancak Karang Taruna menyabet Juara 2 dan Ancak RT 1, RW 2 mendapatkan Juara 3.

Sedangkan Juara Harapan 1 diraih, RT 1 RW 01, Juara Harapan 2 didapat RT 2 RW 01, Juara Harapan 3 disabet RT 3 RW 01 dan Juara Harapan 4 diraih RT 2, RW 01. Selamat dan sukses. (arie)