20 Hari Lagi, Pemdes Sugeng Gelar Sedekah Desa

Print / PDF
Mismandono Kepala Desa Sugeng, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto, Majanews.com- Dua Puluh hari lagi, tepatnya Selasa tanggal 23 Maret 2019, Pemerintah Desa (Pemdes) Sugeng, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, akan melaksanakan Uri-uri desa atau lebih dikenal dengan sedekah desa.

Kegiatan sedekah desa tersebut sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan, keselamatan, rejeki dan kesehatan kepada warga masyarakat, khususnya warga Desa Sugeng dan masyarakat Mojokerto pada umumnya. Disamping itu juga, agar Desa Sugeng bisa menjadi desa yang Baldatun Tayyibatun Wa Robbun Ghafur, dan Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem Kerto Raharjo.

Selain itu juga bertujuan untuk menghormati dan mengirim do’a kepada Mbah Abdul Zalil (Mbah Jenggot) dan Mbah Abdul Rokhim (Mbah Godek) dan Buyut Shosi, orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Desa Sugeng serta pendahulu-pendahulu yang lain.

Dawam Kepala Dusun Sugeng bersama Perangkat

Demikian yang dikatakan Mismandono, Kepala Desa Sugeng, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto saat ditemui Majanews.com beberapa hari lalu.

“Rencananya, dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan siang dan malam dengan menggelar berbagai hiburan, antara lain Campursari, Orkes Dangdut dan Pesta Kembang api serta Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Semar Bangun Desa, bersama Dalang Ki Anom Yohan Susilo dari Keret Krembung Sidoarjo, “jelas Kades yang juga dikenal sebagai seorang wiraswasta sukses.

Mismandono (Baju putih) bersama Perangkat Desa dan BPD.

Dijelaskan Mismandono, sebelum hari H, mulai dari Subuh hingga Maghrib, kegiatan sedekah desa akan diawali dengan Kotmil Qur’an, Istighosah, Tahlil, Terbang Jidor dan Arak-arakan dari Rukun Tetangga (RT) masing-masing sampai ke Balai Desa. “Dan malamnya dilanjutkan dengan pengajian umum oleh KH Ridwan Bahrudin dari Cerat, Gempol Pasuruan, “tambahnya.

Kegiatan yang melibatkan seluruh warga Desa Sugeng ini, mendapat dukungan penuh dari Perangkat Desa, Kepala Dusun, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna, RT, RW, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.
‘Insya Allah, dalam pelaksanaan nanti, seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) beserta jajarannya, Asosiasi Kepala Desa (AKD) beserta perangkat dan para undangan akan hadir. Dan mudah-mudahan, pelaksanaan kegiatan sedekah Desa Sugeng berjalan lancar, aman, kondusif dan sukses, “pungkas Mismandono. (arie)


Print / PDF

Mungkin Anda juga menyukai