KPU Jatim Buka Lowongan Jaga TPS Diseluruh Jatim

Print / PDF

Surabaya (majanews.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur membuka rekrutmen 1.170.080 orang yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan coblosan Pemilihan Umum, 17 April 2019 mendatang. Jumlah personel itu terdiri dari 910.000 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 260.020 petugas keamanan.

Sebanyak 1.170.080 itu petugas akan disebar di 130.010 TPS. Rinciannya tujuh orang sebagai KPPS dan dua orang untuk pengamanan di setiap TPS.

“Siapa saja berhak menjadi petugas KPPS asalkan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan,” ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan di Surabaya, Jumat (1/3/2019).

KPU menetapkan sejumlah persyaratan calon petugas KPPS. Antara lain Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun, minimal lulusan SMA sederajat dan tidak menjadi anggota partai politik yang dilegalkan surat keterangan.

Masih penjelasan Ketua KPU, calon petugas KPPS tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon dalam Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Persyaratan selengkapnya bisa dipantau melalui berbagai pengumuman KPU kabupaten/kota, atau di website milik KPU,” jelasnya.

Rekrutmen dan seleksi calon anggota KPPS dilangsungkan dalam beberapa tahap. Pengumuman dimulai 28 Februari hingga 5 Maret 2019. Selanjutnya dibuka pendaftaran calon pada 5-11 Maret 2019.(Dak)

Print / PDF

Mungkin Anda juga menyukai