Kampung Straberry, Program Prioritas Jangka Menengah Kades Bersama Pemdes Sukosari

Print / PDF

MOJOKERTO, Majanews – Purnaji Kepala Desa (Kades) Sukosari Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto bersama Pemerintah Desa (Pemdes), dalam jangka menengah, akan memprioritaskan Desa Sukosari menjadi destinasi wisata Kampung Strawberry.

Agenda tersebut tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang dilaksanakan setiap tahun, yang dilanjutkan melalui Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Kepala Desa.

Ke depannya, Kades bersama Pemdes siap menjadikan Desa Sukosari, menjadi destinasi wisata unggulan di Mojokerto.

“Nantinya, warga diberikan bibit tanaman Strawberry, untuk dikembangkan hingga menghasilkan buah. Dan hasilnya bisa dipasarkan di pasar wisata yang berada di tanah ganjaran, “kata Purnaji saat ditemui Majanews.com di kantornya.

Dijelaskan, Pemerintah Desa sudah menyiapkan lahan tanah bengkok atau ganjaran, yang luasnya sekitar 6 hektar. “Di lahan itu nanti kita buatkan pertokoan atau tempat oleh-oleh khas Trawas, Wisata Alam, Kolam pancing serta penyediaan lahan untuk pembibitan tanaman Strawberry dan yang sekarang sudah mulai berjalan adalah penyewaan ATV, “tambah Kades.

Program Kampung Strawberry ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat serta lembaga desa yang ada, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga 8Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna (Kartar), PKK, RT, RW, Tokoh Masyarakat (Tokmas) serta Tokoh Agama.

Manajemen dan pengelolaan kawasan kampung Strawberry dan pasar wisata, kita lakukan melalui Badan Usaha Milik Desa(BUMDes), yang tentunya melibatkan masyarakat dengan pemberdayaannya. “Di samping bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), juga menyerap tenaga kerja warga sekitar. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, “harap Kades.

Mulyotikno, warga Desa Sukosari yang juga anggota BPD mengatakan, kami sebagai warga masyarakat, sangat mendukung program Kampung Strawberry yang digagas oleh pak kades bersama Pemerintah Desa. “Ini merupakan bukti nyata yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Mulyo.

Senada juga diungkapkan Dedik, anggota Karang Taruna. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Kades bersama Pemdes merupakan kepedulian terhadap warga masyarakat sebagai bentuk pengabdian, pelayanan, perlindungan serta pengayoman. Dan tidak salah kalau warga masyarakat masih menghendaki pak kades untuk memimpin kembali pada periode mendatang, “pungkas Dedik. (@rt)

Print / PDF

Mungkin Anda juga menyukai